Rabu, 08 Agustus 2012

Siapakah Yesus menurutmu?


Di dunia ini banyak sekali ilmuan-ilmuan yang berhasil menemukan sesuatu yang baru yang dapat mengubah dunia. Setiap benda yang ada di dunia ini pasti ada penemu atau penciptanya. Jika kita melihat sebuah bola, pernahkah terpintas di pikiran siapa yang pertama kali menciptakan bola? Atau ketika kita minum menggunakan gelas, pernahkah terpintas siapa yang menciptakan gelas pertama kali? Tentulah semua benda tersebut ada yang menciptakannya sehingga kita bisa menikmati hasil ciptaannya tersebut.
             
Jika semua yang tersedia di dunia ini ada yang menciptakannya, lantas siapakah yang menciptakan bumi kita ini? Siapa yang menciptakan  matahari dan bintang-bintang dilangit? Siapa yang menciptakan tata surya ini? Siapa yang menciptakan hewan dan tumbuhan? Dan siapakah yang menciptakan manusia yang disebut makhluk paling luhur ini?
             
Tentulah bukan orang biasa yang dapat menciptakan hal sehebat itu. Yang dapat melakukan hal tersebut hanyalah Tuhan Allah. Hanya Dia yang dapat menciptakan semuanya itu (Kej 1). Bahkan pada lirik lagu “Pelangi” dikatakan bahwa pelangi adalah ciptaan Tuhan. Tuhan juga menciptakan kita sebagai manusia menurut gambar dan rupa-Nya sendiri, sehingga jika kita ingin mengetahui rupa Tuhan kita, maka rupa kita sendirilah yang menyerupai Dia. Manusia juga adalah ciptaan-Nya yang paling luhur. Maka sudah layak dan sepantasnyalah kita harus saling mengasihi sesama kita karena dengan kita mengasihi sesama kita, kita juga mengasihi Tuhan yang telah menciptakan kita.
            
Pada mulanya, Tuhan sangat mengasihi manusia. Tuhan menempatkan manusia pertama di Taman Firdaus yang di dalamnya terdapat semua kebutuhan manusia. Namun, karena dosa Adam maka manusia dipindahkan ke bumi. Tuhan juga tidak menginginkan manusia jatuh ke dalam dosa. Dosa membuat hubungan manusia dengan Tuhan menjadi jauh. Maka Tuhan tidak ingin manusia jatuh lebih dalam lagi pada dosa.
            
Bukti nyata Tuhan ingin menyelamatkan manusia dari dosa adalah Ia rela mengutus Putera-Nya yang tunggal untuk menjadi manusia. Putera-Nya datang ke dunia melaui seorang perawan yang bernama Maria dan menjadi anak seorang tukang kayu. Ia bernama Yesus. Yesus mengajar banyak orang, menjelaskan isi kitab suci dan  banyak melakukan mukjizat kepada banyak orang agar orang menjadi percaya dan mau bertobat. Dialah sabda yang menjelma menjadi manusia. Puncak karya keselamatan Yesus terjadi ketika Ia menderita, sengsara dan wafat di kayu salib serta bangkit pada hari ketiga.
            
Melihat karya keselamatan yang Yesus lakukan, maka muncul sebuah pertanyaan menguji iman kita. “Siapakah Yesus menurutmu?”. Hal serupa juga pernah di katakan Yesus kepada murid-Nya: "menurut kamu, siapakah Aku ini?" (Luk 9:20). Mari kita memikul salib kita masing-masing dan menyakal diri agar kita sungguh dapat mengikuti Dia. Maka marilah juga kita melihat kembali perjalanan hidup kita agar kita menemukan siapa Yesus menurut saya, bukan menurut orang. Vivat Cor Jesu, Per Cor Mariae.©Chris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar